Hal yang harus di perhatikan dan dicermati di Phuket Thailand

Hal yang harus di perhatikan dan dicermati  di Phuket Thailand

Sebenarnya sudah cukup lama saya ingin menulis dan men-share cerita perjalanan liburan keluarga kami yaitu jalan jalan keluarga ke phuket – bangkok Thailand 2018, tapi karena terbentur kesibukan pekerjaaan dan rutinitas harian, membuat baru sekarang ini mempunya kesempatan untuk berbagi cerita, info dan tips sedikit bagi mareka yang mau liburan ke Thailand,sebelumnya ini adalah Hal yang harus di perhatikan dan dicermati di Phuket Thailand

Saya coba menggali semua yang saya ingat, mudah mudahan bisa menjadi tambahan info untuk mereka yang mau berjalan jalan ke Thailand, khususnya Phuket dan Bangkok bersama keluarga anda

Hal yang harus di perhatikan dan dicermati di Phuket Thailand :

  • Saran saya sebaiknya anda membatasi waktu liburan anda di Phuket maksimal 3 hari saja, tuk kunjungan 3 hari kita bisa mencover semua tempat wisata di Phuket, lebih lama dari 3 hari saya rasa anda akan berasa kebosanan, seandainya anda mempunya waktu liburan lebih dari 3 hari saya sangat menyarankan Anda travel ke kota lain seperti Bangkok, Chiang mai atau krabi.
  • Transportasi yang terbilang mahal

Untuk ukuran sebuah kota yang terletak di bagian Asia Tenggara, transportasi di Phuket terbilang cukup mahal, mungkin dikarenakan kota ini adalah kota wisata dengan destinasi pantai dan pulau.

Di Phuket tidak tersedia angkutan umum seperti bus, yang tersedia adalah taxi dengan bentuk seperti angkot di Indonesia, cuma bedanya angkot ini dengan bak terbuka.

Hal yang harus di perhatikan dan dicermati  di Phuket Thailand
Phuket Taxi

Untuk harga yang di patok, keterangan dibawah bisa di jadikan referensi buat agan agan yang mau melancong ke Phuket Thailand.

Shuttle dari airport ke pusat wisata phuket Patong, minimal 800 – 1000 bath (kisaran 500 – 600 ribu rupiah). Kebetulan shuttle service yang kami pakai adalah orang indonesia, yang berbisnis di bidang tour and travel di Phuket, sayangnya karena servicenya sangat buruk walaupun dari segi harga yang ditawarkan cukup bersaing, saya tidak merekomendasikan tour travel ini. Saran saya untuk tour tour local seperti ke Phi Phi island dan James bond island, jangan hanya didasarkan pada harga murah saja walaupun tour travelnya dimiliki orang Indonesia disana, lebih baik harga mahal tapi servicenya dipastikan bagus…nanti akan saya ceritakan lebih lanjut pada bagian jalan jalan sekitar Phuket. Jangan takut kalau seandainya anda belum membuat booking/reservasi shuttle dari airport ke hotel anda, karena banyak taxi atau shuttle yang akan menawarkan jasa mereka di airport dengan harga yang sama seperti yang saya sebutkan diatas.

Untuk transportasi sekitar Patong atau mau ke tengah kota sekalipun seperti halnya ke phuket old town, transportasi yang tersedia hanya taxi ini dengan fare untuk jarak dekat 200 bath, dan yang agak jauh tergantung seberapa pandai kita menawar, contohnya dari patong ke phuket old town harga yang dipatok adalah 600 bath, tapi waktu itu kami tawar ke beberapa taxi dan harga terbaik yang kami dapatkan adalah 500 bath ( sekitar 250 ribu rupiah) padahal jarak tempuhnya hanya sekitar max 20 menit, walaupun umumnya supir disana berkata paling tidak butuh setengah jam perjalanan.

Hal yang harus di perhatikan dan dicermati  di Phuket Thailand
daerah patong yang ramai

dari kata beach ke patong beach harga taxi adalah 400 bath ( hanya untuk max 4 penumpang) , kalau anda lebih dari 4 orang tentunya harus kita harus menawar, kami deal 500 bath untuk kami yang total 11 orang hahaha not bad lah. tapi seandainya anda benar2 hanya 4 orang 400 bath ( hampir 200 ribu rupiah) adalah harga yang cukup mahal untuk transportasi yang hanya berjarak 10 km dengan waktu tempuh 15 – 20 menit saja

kami tidak mencoba penggunaaan apliksai grab/uber di Phuket, karena kami datang dalam grup hampir 15 orang, kami hanya menggunakan taxi local dan yang kami lakukan adalah menyewa 1 shuttle van untuk penggunaan 1 hari 12 jam ( 2800 bath termasuk tip) untuk city day tour. cara ini boleh menjadi opsi buat anda, karena lebih murah dibandingkan anda ikut tur tur local di tempat yang benar2 sangat kami tidak sarankan, karena beda harganya banyak sekali dibandingkan kita sewa van dan jalan sendiri.

Hal yang harus di perhatikan dan dicermati  di Phuket Thailand
Shuttle Van untuk jemputan Airport dan city tour
Hal yang harus di perhatikan dan dicermati  di Phuket Thailand

Hal yang harus di perhatikan dan dicermati  di Phuket Thailand

Bagi anda orang muda, yang travel hanya berdua atau berempat, boleh mempertimbangkan untuk menyewa motor sebagai sarana transportasi di phuket dengan harga 200 bath per hari, belum termasuk bensin, opsi ini bisa menjadi solusi bagi anda adventurous dan ingin explore phuket lebih secara detail.

Hal yang harus di perhatikan dan dicermati  di Phuket Thailand
  • Makanan yang relatif mahal
    • Untuk makan di Phuket lebih mahal daripada di Bangkok, umumnya makanan yang ditawarkan di Phuket adalah seafood, rata rata setiap kali makan kami mengeluarkan 300 bath untuk keluarga kecil kami ( kami dengan kedua anak kecil kami). kami sangat menyarakan untuk melihat menu dengan harga yang tercantum. Untuk Fast food pun seperti burger king dan mcdonalds, di Phuket ternyata lebih mahal dari pada di Bangkok.
    • Fast food di phuket seperti Macdonalds harganya lebih mahal juga dibandingkan Jakarta. Contohnya untuk 1 porsi menu big breakfast kita hanya perlu membayar di Jakarta sekitar 40 ribuan, tapi di Jungecylon mall phuket harga untuk sebuah big breakfast adalah 185 bath sekitar 85 ribu rupiah.
    • Banzaan market terkenal sebagai tempat makan yang murah, menurut kami tidak , untuk menu menu satuan seperti pad thai (kwetiau goreng ala Thailand) atau nasi goreng harganya termasuk standar, tetapi kalau sudah pesanan seperti masakan seafood harganya juga relatif mahal, harus pintar kita dalam menawar. Untuk detail harga dan makanan di banzaan silahkan lihat di story jalan jalan kami ke phuket.

Untuk makanan agak murah, kami sarankan mencoba makanan jalanan (street food) yang umumnya banyak hadir pada waktu malam hari, yang penting kita cukup selektif dalam memilih yang higienis, kami menemukan mie thai gerobak yang berjualan pagi untuk sarapan, hanya kisaran 30 – 40 bath per mangkuk. rasa enak dan bersih.

Hal yang harus di perhatikan dan dicermati  di Phuket Thailand
Mie Thailand cocok buat sarapan ( street food)

Number 6 Restaurant adalah salah satu yang favorit di patong phuket, letaknya memang cukup strategis, selalu ramai dan tempat ini melayani makan pagi sampai makan malam, banyak di datangi oleh pelancong manca negara dan orang lokal, rasanya lumayan..walapun menurut kami tidak oustanding, tapi bagi orang phuket tempat ini adalah memang salah satu tempat makan favorit, karena harga yang dipatok juga termasuk standard dan tidak mahal dibandingkan tempat lain, kami merekomendasi tempat ini untuk anda coba.

bagi kami tempat makan seafood yang paling baik adalah bukan di banzaan market yang cukup menjadi favorit, beberapa kali makan disini kami anggap biasa saja ( harga tidak sebanding dengan rasa). kami sarankan masuk restoran restoran di dalam gang kecil…selama tempatnya ramai, pasti rasanya enak, dan harganya pun menurut kami lebih baik dari banzaan market.

JANGAN lupa untuk mencicipi snack/makanan khas Thailand seperti mango stick rice, macam macam buah Thai, dan rumput laut yang bisa anda dapatkan di supermarket di jungecylon mall

Hal yang harus di perhatikan dan dicermati  di Phuket Thailand
Restoran seafood lokal di gang gang kecil yang selalu menjadi ramai
  • Untuk penginapan dan Hotel Phuket
    • saran kami di daerah patong saja, karena memang pusat keramaian disini, kalau bisa dekat jungcelyon mall, cukup strategis dan dekat dan bisa jalan kaki ke ke patong beach. Dimana di food courtnya tersedia berbagai macam makanan lokal dan fast food, juga cukup lumayan untuk shopping.
    • Untuk daerah lain seperti di phuket town atau daerah karon, kurang kami saranakan, selain kurang strategis, makanan dan transportasi juga mungkin agak sulit.
  • karakter Penduduk lokal
    • Orang Thailand tidak semuanya ramah, service attitude tidaklah terlalu baik dibandingkan orang Indonesia, hanya di tempat tempat mewah dan prestige seperti hotel bintang 5 kita bisa menemukan pelayanan yang baik, dilain itu….jangan kaget bahwa mereka kadang kadang bisa menyebalkan. .:) tapi itulah seninya ke negara orang lain, kita bisa belajar budaya dan karakter orang lain.
Hal yang harus di perhatikan dan dicermati  di Phuket Thailand
grand Phoenix Hotel..lokasi sangat strategis. . Rp 300.000an untuk peak season
Hal yang harus di perhatikan dan dicermati di Phuket Thailand
  • Shopping
    • Tidak banyak yang ditawarkan di phuket sebenarnya untuk shopping, mall jungcelyon menjual barang umum, walapun di lantai basement dijual barang barang lokal Thailand, cuma kalau anda mau menemukan barang lokal dengan harga yang lebih murah, anda bisa mencoba ke weekend phuket market yang hanya buka pada waktu weekend yang terletaknya di pusat kota phuket yaitu phuket old town. beberapa toko di sepanjang jalan di phuket old town juga menyediakan berbagai macam produk lokal Thailand.
  • Jasa Londry
    • Bagi anda yang tidak mau repot membawa banyak pakaian, di phuket tersedia di beberapa tempat, jasa self service londry, yang cukup ekonomis. dimana tersedia mesin mesin londry…dan yang kita butuhkan hanya uang yang koin 10 bath, yang bisa kita tukar di mini market sejenis seven eleven, sambil kita membeli detergen bubuk sachetan. mesin londry dengan kapasitas 9 kg harganya 30 bath dan untuk yang 12 kg harganya 50 bath, untuk dryer (pengering) adalah 10 bath untuk 10 menit. lokasi londry ini tidak jauh dari hotel tempat kami menginap yaitu phoenix
    • Kalau anda tidak mau repot, banyak juga jasa jasa londry yang ditawarkan disepanjang jalan ataupun di hotel, dengan harga 50 bath per kg atau berikut gosok yaitu 80 bath.
  • SIM card, kita bisa mendapatkan penggunaan data dengan sim card lokal untuk keperluan hp anda, sim card ini bisa di beli di airport, dengan paket 1 minggu atau 2 minggu, harganya mulai dari seratus ribu rupiahan.
  • Thai massage, wajib anda coba, tarifnya adalah 250 bath untuk 1 jam, thai massage agak berbeda dengan massage kita disini, umumnya badan di injak, dan banyak bone cracking. pastikan anda tidak memilih terapis lady boy…saran saya cari yang ibu ibu tulen.

Tanpa berlebih lama lagi, Hal yang harus di perhatikan dan dicermati di Phuket Thailand sudah kita bahas, yuk mulai story perjalanan kami ke Phuket – Bangkok Thailand di bawah ini :

Jalan Jalan Keluarga ke Phuket – Bangkok Thailand